Ketika Miranda baru saja memasuki
BI ini, ada kesan bahwa orang-orang
dalam cenderung bekerja sendiri-sendiri. Mereka memang professional yang
handal, tapi tidak terkoneksi antara satu dengan yang lain. Mereka bisa saling
menyembunyikan informasi antara bagian satu dengan yang lainnya. Tidak
semua informasi dapat diakses dengan leluasa. Sebab, pegawai Bank Indonesia
berkeyakinan bahwa information is power.
Jadi, My information is My Power. Ini berbahaya bagi kelangsungan dan
kegesitan Bank Indonesia dalam menjalankan tugas dan fungsinya.
Tugas untuk meyakinkan mereka
bahwa sharing adalah saling
memperkuat bukanlah upaya yang sederhana.
Saya sangat tertarik dengan cara
Miranda menjelaskan persoalan perbankan secara cair dan renyah. Sehingga,
pembaca yang di luar manusia perbankanpun dengan mudah dapat mencerna informasi
penting yang disampaikannya. Terlepas dari keterlibatan penulisnya pada kasus
bank Century.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar