Gallery

Senin, 06 Februari 2012

Daya Tarik Studi di Yaman


Saya sangat bersyukur mendapat kesempatan bersama Tim Delegasi Indonesia untuk evakuasi santri dan pelajar asal Indonesia di Ma’had Darul Hadis, Dammaj, Yaman tanggal 16 s.d 25 Desember 2011. Selama di Yaman ada banyak yang hal yang menarik, antara lain:

1.    Negeri Yaman adalah tempat yang sangat menarik minat santri, pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk menuntut dan memperdalam ilmu agama. Daya tarik tersebut disebabkan oleh hubungan antara Yaman (terutama Hadhramaut) dengan Indonesia sudah lama terjalin. Menurut penelitian Prof. L.W.C van der Berg (Belanda), orang-orang Arab yang bermukim di nusantara umumnya berasal dari Hadhramaut. Bahkan menurut Prof. Said Aqil Husin al-Munawwar, jumlah warga Indonesia yang berketurunan Arab Hadhramaut sekitar lima jutaan. Di samping itu, tradisi keilmuan Islam di Yaman terutama di Tarim, Hadhramaut mirip dengan tradisi pesantren di Indonesia, seperti tradisi tahlilan, sema’an al-Qur’an, membaca ratib dan wirid-wirid tertentu. Mungkin itulah sebabnya, sehingga para Kyai di
2.    Indonesia mengirim putera-puterinya serta santrinya ke Yaman yang dari segi fiqih juga menganut fiqih Syafi’iyah. Para Kyai berkeyakinan bahwa dengan belajar di Yaman, tradisi keilmuan yang dikembangkan selama ini akan bisa berkesinambungan. Dari sini, Yaman berbeda dengan tradisi keilmuan di Mesir yang sangat terbuka dan liberal, sehingga semua aliran pemikiran dan mazhab diajarkan. 

3.    Ditambah lagi dengan banyaknya ma’had (pesantren) dan universitas di Yaman. Di Tarim, Hadhramaut ada Jami’ah Ahqaf (al-Ahqaf University), Ma’had Ribath dan Ma’had Darul Musthafa yang memiliki santri yang sangat banyak. Di desa Tarim sendiri terdapat 360 masjid yang juga merupakan tempat belajar santri. Di Zabid, Hudaidah, Yaman Selatan, terdapat sejumlah ma’had yang ditempati santri asal Indonesia menuntut ilmu agama. Daya tarik Zabid, meskipun wilayah ini termasuk panas pada bulan-bulan tertentu adalah ketokohan dan kharisma para syeikhnya. Keikhlasan, dan kesungguhan para syeikh inilah yang membuat para santri tekun menuntut ilmu. Terdapat syeikh tertentu yang sama sekali tidak memungut biaya dalam proses belajar mengajar termasuk ketika para santri mengadakan upacara selamatan menamatkan satu buah kitab. Seorang syeikh sama sekali tidak mau menerima pemberian santrinya, baik berupa makanan (berkat), apalagi uang. Seorang syeikh hanya makan secukupnya di tempat acara, dan tidak membawa apa-apa ke rumah mereka. Santri di mata syeikh hanyalah seorang “thalib” ( orang yang sedang menuntut ilmu) jauh dari kampung halaman, sehingga mereka patut untuk dibantu.

4.    Di Provinsi Sa’dah terdapat kecamatan Dammaj tempat berdirinya Ma’had Darul Hadis Salafy pimpinan Syekh Yahya al-Hajury. Di Darul Hadis Dammaj ini terdapat 150-an santri asal Indonesia, 5 orang diantaranya sudah tewas tertembak oleh pasukan Abdul Malik al-Houthy.  Ma’had Darul Hadis Pimpinan Syekh Yahya al-Hajury menurut data yang disampaikan Eric Marclay, Direktur ICRC, Palang Merah Internasional mengenai perkembangan dan upaya evakuasi di Dammaj, 3.000-an diantaranya berstatus santri, 4.000-an penduduk setempat, dan 3.000-an lainnya masyarakat pekerja, seperti sopir Taxi. Para santri asal Indonesia, dengan santri lainnya dari Prancis, Swiss, Rusia, Malaysia, dan Amerika Serikat cenderung tidak mau meninggalkan Ma’had Darul Hadis karena pengaruh fatwa Syeikh Yahya Al-Hajury. Mereka berkeyakinan bahwa tetap tinggal dalam pesantren adalah bentuk jihad mempertahankan diri dari musuh (dalam hal ini al-Houthy yang Syi’ah Zaidiyah itu).   
                                   5. Di Shana’a, ibu kota Yaman paling banyak perguruan tinggi dibanding dengan kota lainnya di Yaman, antara lain:
a.    Universitas al-Iman,
b.    Universitas al-Yemeniyah,
c.    Universitas Azal,
d.   Universitas Saba’,
e.    Universitas al-Wathaniyah,
f.     Universitas Yaman,
g.    Universitas Sains dan Teknology,
h.    Universitas al-Andalus.
i.      Dll
     Universitas al-Iman adalah salah satu perguruan tinggi yang tidak direkomendasikan oleh pemerintah Yaman. Sebab, rektornya: Dr Zindany adalah salah seorang mantan kepercayaan Osamah bin Laden, pemimpin tertinggi al-Qaedah. Dr. Zindany juga termasuk DPO Dewan Keamanan PBB. Menurut laporan, ketika terjadi revolusi Yaman, para mahasiswa di al-Iman University juga diberi pembekalan latihan militer dalam kampus. Terdapat beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di al-Iman University ini. Dan Tim delegasi sudah bertemu dengan mereka (keterangan nama-nama mahasiswa terlampir).


6.      Mengingat jumlah santri, pelajar dan mahasiswa asal Indonesia yang jumlahnya berkisar lebih 2.000-an—bahkan ada sebuah menyebutkan sekitar 2.700-an orang (terbanyak kedua setelah Mesir), maka Tim mengusulkan agar Kementerian Agama RI menginisiasi usul pentingnya pembentukan Atase Pendidikan Agama di KBRI Shana’a Yaman. Atase Pendidikan Agama ini akan menangani santri, pelajar, mahasiswa dan mengarahkan tempat studi mereka serta masalah-masalah yang mereka hadapi selama menempuh studi di Yaman agar mereka terhindar dari kelompok Islam garis keras.

Sewaktu Tim delegasi Indonesia merapat dan melobby Syekh al-Imam, saya memndapatkan buku kecil yang berisi doktrin teologis bagi santri di Darul Hadis Salafy, Ma’bar. Ada banyak karya lainnya yang dihadiahkan oleh pimpinan Darul Hadith Ma’bar tersebut. Kitab-kitab tersebut kami boyong ke Indonesia, sebagian yang lainnya untuk koleksi di KBRI Shana’a, Yaman. Saya membeli khusus kitab tafsir Taisir al-Karim al-Rahman fi Tafsir Kalam al-Mannan karya Abd al-Rahman ibn Nashir al-Sa’dy yang merupakan bacaan wajib santri Ma’bar, ada juga beberapa karya Syeikh al-Imam, seperti Rawafidh al-Yaman yang memuat sejarah perkembangan syi’ah di Yaman. Ada juga buku kecil yang berjudul: Ma’rakat al-Hijab, khusus panduan etika memakai cadar bagi perempuan muslim Yaman. Syeikh al-Imam membela cadar. Menurut beliau cadar sama sekali tidak menghalangi seorang perempuan muslim untuk berkarier dan mengerjakan pekerjaan domestik  di rumahnya. Orang yang memakai cadar akan lebih lincah menyelesaikan pekerjaan ketimbang wanita lainnya. Perempuan bercadar hanya menghabiskan sedikit waktunya untuk berdandan. Coba bandingkan dengan wanita pesolek, tentu lebih banyak waktu untuk memakai bedak, gincu, bercermin, dan lain sebagainya. Bahkan pada akhir bukunya itu, Syeikh al-Imam mengutip pandangan Umar ibn al-Khattab yang menfatwakan agar perempuan berjalan dengan jalannya sendiri, dan dilarang untuk berjalan di jalanan yang dilewati kaum pria.
Karena penasaran, maka pada suatu malam sebelum kembali ke tanah air saya menyelinap menembus keheningan malam di Sumailah. Saya mencari Masjid al-Khair yang terkenal sebagai markas “Islam Garis Keras” atau penganut salafy. Setiba di tempat, saya langsung mencari perpustakaan mereka yang berada di hadapan Mesjid al-Khair tersebut. Ada beberapa toko buku di samping kiri-kanannya, tapi toko buku yang satu itulah yang termasuk menjual buku-buku karya Syeikh Muqbil Hadi al-Wadi’y ( maha guru Ja’far Umar Thalib, pemimpin tertinggi Laskar Jihad di Indoensia), seperti al-Shahih al-Musnad Mimma laisa fi al-Shahihain ( dua jilid), dan al-Fatawa al-Hadithiyah). Ada juga karya Syeikh al-Islam Ibnu Taimiyah seperti Majmu’ Fatawa ibnu Taimiyah. Karya-karya Sayyid Quthub juga banyak dijumpai di toko buku ini seperti Tafsir Fi Zilal al-Qur’am, Ma’alim fi al-Thariq yang controversial itu, dll. Ada lagi karya-karya Dr Nashiruddin al-Albany, seperti Silsilat al-Ahadith al-Shahihah. Dan tentu saja ada banyak kitab turath lainnya yang juga dipajang sepanjang rak-rak toko buku tersebut, seperti karya Ibnu Jarir al-Thabary, Tarikh al-Umam wa al-Muluk, tafsir Iami’ al-Bayan ‘an takwil Ayi al-Qur’an. Ada juga kitab al-Maghazy, karya al-Waqidy, dan ada banyak kitab khusus ditulis untuk mengutuk kaum syi’ah, dll.
Walhasil, Yaman di tengah revolusipun masih tetap seksi untuk diamati. Yaman masih saja memiliki daya tarik para pelajar asal Indonesia dan Negara lainnya untuk belajar. Padahal di Yaman sejak tahun 2004 sudah tidak ada lagi program pascasarjana. Itu berarti, tradisi keilmuan dan akademik Yaman sudah mulai pudar. Lalu, mengapa masih banyak orang Indonesia yang mengirim putra-puterinya ke sana? Bukankah di Indonesia sudah banyak lembaga pendidikan pesantren yang jauh lebih maju? Bukankah di negeri sendiri sudah banyak universitas Islam yang berstandar internasional? Apa daya tariknya? Apakah betul di Yaman tanah penuh berkah?
Wa Allah a’lam.  

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Maaf Pak, Al Houthy itu bukan Syiah Zaidiyah, tetapi Syiah Rofidhoh yg telah dikafirkan oleh para ulama… yang diantara keyakinan mereka adalah mencela dan mengkafirkan Kholifah Abu Bakar dan Umar rodhiyallohu anhuma dan banyak dari para sahabat lainnya, menuduh Ummul Mu'minin Aisyah rodhiyallohu 'anha sebagai pezina... dan keyakinan2 kekufuran lainnya. Bahkan ada yg menuhankan Ali rodhiyallohu 'anhu. Wallohu ta'ala a'lam.

master togel mengatakan...

SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG GAIB
3.JUAL TUYUL MEMEK
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<





SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG GAIB
3.JUAL TUYUL MEMEK
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<





SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG GAIB
3.JUAL TUYUL MEMEK
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<