Gallery

Kamis, 08 Maret 2012

Fenomena Santri di Ptu

pada jumat, 9 maret 2O12 saya mau mengikuti uji publik Ruu Pt di kampus Unhas, makassar. tapi rupanya acara tersebut diundur sampai pkl 13.OO. sambil menunggu waktu jumat, saya keliling kampus. saya terkaget.kaget dengan perubahan di kampus kebanggaan Indonesia Timur ini. ada kesan kampus sudah tidak terurus lagi. Unhas sudah tidak asri lagi. Penataan taman, juga tidak seragam atau tidak tertib lagi.
Ada juga yang terkesan kumuh. saya bertanya, mengapa kampus kebanggaan kita ini menjadi seperti ini? tidak lama kemudian, saya beranjak mencari masjid kampus. saya melihat fenomena santri menguat. sebelum masuk masjid, saya menyempatkan untuk melirik pedagang buku buku agama. saya terkaget lagi karena satu buku dijual berjudul profil para malaikat karya syekh abdurrahman al.yafi.i, judul aslinya al.jami al.shahih min akhbar al.malaikat. yang menarik buku ini diberi pengantar oleh syekh Muqbil Hadi al.wadi.i. syekh muqbil ini adalah tokoh Islam garis keras di Dammaj shadah.tanpa kita sadari Islam garis keras sudah mengepung kita. Fenomena santri di kampus Ptu tentu sangat menggembirakan. Hanya saja yang banyak adalah shahib al.lihyah, pasukan berjenggot. Biasanya mereka ini sangat patuh pada kesalehan sosial. Tapi untuk kajian keislaman secara luas, biasanya bukanlah minat mereka. Semoga saja ke depan. Kita dapat memajukan islam yang wasathiyah, islam moderat agar Islam dapat menjadi rahmamatan lial.alamin.

Tidak ada komentar: