Gallery

Selasa, 08 April 2014

Mahabrata

Saya suka menonton folm Mahabrata karena selipan kata kata bijak yang sangat filosofis. Pada walnya, saya tidak tertarik sama sekali menonton, meskipun putraku, Qodri sering mengajak dan bahkan setengah memaksa. Lama lama saya kecanduan untuk nonton. Begitu asyiknya, sambil menonton, saya juga menulis kata kata bijak Mahabrata. Saya mencoba salin beberapa di antaranya: 1. Kehidupan seperti air yang mengalir, tidak mungkin terhalang oleh batu. 2. Kehidupan ibarat permainan dadu. Gulirkan dadu secara sempurna, maka semua rintangan akan hilang. Dalam permainan dadu, ada taktik dan strategi. Ada keberanian. Ada pertarungan. Ada kelihaian. Ada masa jeda. dst. 3. Jika cinta dan kebohongan bersaing, maka conta akan menang. Demikian pula halnya, jika kebenaran dan kebohongan beradu, kebenaranlah menjadi pemenangnya. 4. Saat membuat keputusan, kita butuh nasehat, pikiran dan petuah. Sebab, keputusan sekarang sebagai landasan bagi masa depan. 5. Hati yang taat akan menyerap nasehat yang benar. Nasehat yang benar akan meningkatkan kebahagiaan. Perlu menyiapkan hati dengan menerima kebenaran. 6. Aku tidak mau melandasi hidupku dengan penipuan dan kebohongan. Sebab, kebohongan tidak mungkin bertahan dalam kehidupan. 7. Kita harus membedakan antara kejahatan dan kesalahan. Kejahatan harus diberi sanksi dan hukuman yang setimpal dengan kejahatan yang diperbuatnya. Sedang kesalahan, cukup dengan pertobatan. 8. Kita harus memilah antara melaksanakan tugas dan dalam rangka menjaga kehormatan diri.

Tidak ada komentar: