Gallery

Rabu, 04 November 2015

Prof Rochaya Machalli, Sydney


Prof Rochaya adalah seorang dosen Asian and Indonesian Studies di Sydney University. Beliau sudah dua puluh tahun mengajar bahasa Indonesia dan cross cultural studies di Sydney University, Australia. 
Prof Rochayah adalah pribdai yang hangat, familiar, suka menolong, religius, dan sederhana. Konon, rumah beliau juga berfungsi sebagai "rumah singgah" di Sydney bagi mahasiswa atau siapa saja orang Indonesia yang kebetulan ke Sydney dan kesulitan mencari tempat. 
Beliau sangat baik kepada siapa pun. Beliau juga memiliki keahlian dalam hal ilmu tarjamah. Ia sudah menerbitkan buku perihal tata cara penerjemahan. Menerjemahkan itu juga terkadang seorang penerjemah memasukkan ideologinya, tanda Prof Rochayah. Ia mencontohkan novel Ahmad Tohari, Renggong, diterjemahkan ala barat, sehingga pesan-pesan Jawanya hilang. Persoalan pernikahan dan nilai-nilai sakralnya sudah hilang. Sama juga ketika beliau menulis buku bahasa Indonesia. Ketika sampai pada pembahasan Timor Leste, ada kata frase yang diterjemahkan ke dalam bahasa menjadi: Indonesia "mencaplok" Timor Timur. Ini terjemahan menurut cara pandang Australia. Menurut orang Indonesia, Timor Timur itu berintegrasi dengan negara Indonesia. Saya mendapat telpon dari KBRI, bahwa apakah ibu masih memiliki paspor hijau? Ya, jawabnya. Mestinya kata mencaplok diganti. Kalau tidak, maka buku anda tidak bisa diterbitkan. 
Beliau juga bercerita tentang Paul White yang menulis jihad di Turkey. Asisten beliau yang sedang berdomisili di Jakarta mengikuti isterinya. Ia seorang yang konservatif. Ia sangat memegang teguh tauhid. Suatu hari, dalam perkuliahan, ia terpaksa berdebat dengan seorang mahasiswi Libanon yang Yahudi. Karena contoh yang dikutipnya adalah bagaimana orang Yahudi mencaplok Palestina. Sampai di sini dulu. Karena masih banyak kisah menarik di balik kehidupan Prof Rochayah ini.
Jam 7.30, prof Rochaya mengantar saya lagi ke Sydney Airport. Sekitar jam 8.30 kami tiba. Check in bagasi karena malamnya kami sudah check in via on line. Alhamdulillah bagasi aman, dan check true sampai ke Jakarta. 

Tidak ada komentar: