Gallery

Selasa, 24 November 2015

Average is Over

Tyler Cowen menulis buku inspiratif dengan judul: Average is Over Powering  America beyond the age of the Great Stagnation, 2013. Tyler mengajukan beberapa pandangan, antara lain:

1. Relearning Education.
  One goal of better education is to procure better earnings. Satu tujuan pendidikan yang berkualitas adalah untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Pendidikan harus menyiapkan peserta didik untuk pencapaian ini. Para mahasiswa sedari awal sudah bisa melakukan plan of prosperity. Mereka sejak menginjakkan kaki di kampus harus sudah diarahkan untuk bisa merancang rencana hidup yang sejahtera. 
Tugas insan Kampus harus memperbanyak middle class society. Sebab, negara yang maju dan tangguh adalah negara yang memiliki populasi middle class lebih banyak. Semakin banyak jumlah "kelas menengah" sebuah negara, maka semakin maju dan kuatlah negara tersebut. itulah sebabnya, kita sangat sulit menandingi Amerika, Kanada, dan Singapura. Sebab, negara-negara ini memiliki jumlah kelas menengah yang banyak. Jumlah entrepreneur negara Amerika  sekitar 12%. 
Mindset mahasiswa harus berubah menjadi mentalitas pengusaha. Tidak semata- mata menjadi pegawai negeri sipil. Mahasiswa juga harus memiliki skill set. Keterampilan yang memadai harus menjadi prasyarat untuk bisa bersaing dengan angkatan kerja. Walhasil, untuk mencapai semua ini, maka mesin-mesin intelektual harus berfungsi. 
2. New higher education models.  
Kita membutuhkan model pendidikan tinggi yang baru. We have entered revolutionary time. Kita sedang berada pada era revolusi. We live in extraordinary times, kata Bill Gates. Kita sedang hidup dan memasuki masa yang luar biasa.  Perubahan demikian cepatnya terjadi.  Chaotic era. Era yang karut marut. Informasi berseliweran. Untuk sukses dibutuhkan fokus. Sedikit saja menoleh, maka kita kehilangan kesempatan. 
Di kampus kita sedang berhadapan dengan New students. Mahasiswa yang maha terkonek (hyperconnected). MarkZuckerberg dengan facebooknya telah mengubah tatanan dunia global. Koneksitas. Silaturahim sudah berubah menjadi bertemu secara on line. Sehingga lahirlah Facebooker society. Masyarakat facebook. Masyarakat berubah dengan lifestyles yang baru. Manusia baru. Bertemu tetapi tidak bergaul terutama di kereta api, di bus, di pesawat, dst. 
3. The end of average science. 
Era sekarang adalah Spesialisasi. Bahkan Hyperspecialization. Seperti Dokter ahli ayam. Ada dokter Anak ayam. Anak ayam jantan.  Ada dokter anak ayam betina. Dokter saraf. Dokter janttung, sama saja.
 Kita tidak boleh lagi  menjadi Syeikh Sagala. Semua serba tahu. 

Tidak ada komentar: