Gallery

Minggu, 16 Agustus 2015

Merdeka!

Setiap tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia memperingati hari proklamasi kemerdekaan. Bendera dan umbul_umbul berjejer di depan rumah dan di pinggir jalan. Rakyat Indonesia sangat antusias menyambut peringatan hari yang sangat bersejarah ini. Ada banyak instansi dan lembaga yang sengaja menggelar kegiatan olah raga dan seni untuk maksud menyemarakkan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan di sejumlah daerah ada perlombaan panjat pinang. panjat pinang sesungguhnya warisan Belanda sebagai bentuk penghinaan kepada anak pribumi. Kita tidak sadar, kita mengira sedang memeringati hari kemerdekaan tetapi karena tidak menelusuri sejarah, kita pun menghidupkan tradisi penjajah Belanda.
Di Media sosial juga berseliwerang cara orang memeringati 17 agustus. Ada yang mengibarkan sang merah putih di pantai. Bendera merah putih dikibarkan dengan balon gas. Indah dan unik. Ada yang menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan lagu dan intonasi yang berbeda dengan langgam aslinya.
Ada yang mengupload lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh para tokoh nasional. Seperti Presiden Joko Widodo, Prof Amin Rais, Gus Dur, Franz Magnis Suseno, Akbar Tanjung, Musdah Mulia, Sutiyoso, Dahlan Iskan, Susi Susanti, Alan. pemain bulu tangkis. Ada juga Prof Emil Salim, Prof Mahfudz MD, dll.
Ada juga yang mengirim sms dengan pembacaan teks Pancasila dalam bahasa Padang. lucu dan menyenangkan. Semua menunjukkan kecintaan kepada Indonesia Raya. Indonesia yang merdeka. Indonesia yang berdaulat. Mandiri. Mandiri secara ekonomi. Berdaulat penuh dalam menjaga toritorial dan keutuhan NKRI.

Tidak ada komentar: