Gallery

Jumat, 31 Agustus 2012

Para Dirjen

Ketika saya mengambil mata kuliah program pascasarjana di UIN Sunan Kalijaga, saya diajar oleh Prof Zaini Dahlan. Beliau mengajar bahasa dan sastra Arab. Beliau waktu itu adalah rektor Universitas Islam Indonesia, Jogjakarta. Beliau orangnya sangat bersahaja, dan telah menjabat selama 40 tahun. Beliau adalah mantan Dirjen Kelembagaan Agama Islam. Saya bertanya kepada beliau, apa resep Bapak dapat menjadi birokrat begitu lama? Beliau menjawab, saya berusaha untuk selalu tersenyum dan memudahkan urusan orang lain. Selama saya bekerja di Kemenag RI, saya sudah berinteraksi dengan empat sosok Direktur Jenderal. Mulai (alm) Prof A. Qodri A.Azizy, Dr. Jahja Umar, Prof. Mohammad Ali sampai Prof Nur Syam. Ada banyak tipe para dirjen tersebut. Ada dirjen yang zaklek, kaku, membangun wibawa dan kharisma kedirjenannya. Ada dirjen yang ramah, santun tapi tegas dalam memegang aturan. Ada juga dirjen yang tetap bersahaja, bersahabat dan tidak sok berkuasa.

Tidak ada komentar: