Gallery

Sabtu, 23 Januari 2016

Krisis Peradaban Islam

The Crisis of Islamic Civilization. Itulah sepenggal judul buku yang ditulis Prof Ali A Allawi, pemikir muslim kontemporer. Catatan The Economist, dalam buku ini Ali Allawi dengan cermat mendekonstruksikan ide kebangkitan peradaban Islam yang sampai hari ini belum bisa membuktikan janji-janjinya.
Di antara problem utama umat Islam adalah penguasaan dan kepemilikan harta. Hampir pada semua sudut bumi yang dihuni umat Islam pastilah tidak hidup makmur. Meskipun mereka memiliki sumber daya alam yang kaya. Sebutlah Indonesia, umat Islamnya banyak yang masih hidup dalam kemiskinan. Solusi ekonomi syariah, dan perbankan syariah serta sejumlah bisnis syariah lainnya belum juga memberikan janji kemakmuran secara menyeluruh dan sistematis. Apa yang salah?
Apakah pendidikan Islam yang belum mengajarkan kurikulum " kemakmuran"? Dalam artian, mereka belajar hanya sekedar mengerti dan memahami kitab suci. Ilmu pengetahuan keagamaan yang dimilikinya belum mengarahkan peserta didik untuk sampai menghasilkan " kemakmuran". Ataukah karena teologi jabariyah demikian menguat bagi masyarakat Islam Indonesia.

Tidak ada komentar: