Kamis, 03 Januari 2013
Benahi Sistem
Chip R. Bell & Rem Zemke menulis buku dengan judul: Managing Knock Your Sockn off Service, 2007. Dalam buku tersebut ada judul bab: Fix the System, not People. Ada kalimat dari John Goodman, vice chairman of TARP,inc. yang mengatakan: Eghty percent of customer problem are caused by bad system, not by bad people, h. 98. Ada 80% problem pelanggan diakibatkan oleh sistem yang buruk dan bukan karena perilaku masyarakatnya yang jelek.
Dalam konteks Indonesia, sangat boleh jadi ada pejabat tertentu yang berusaha untuk hidup bersih tapi tetap saja terjerat hukum karena "ketidakmapanan" sistem yang ada. Maju kena mundurpun kena. Belum lagi ada rumor bahwa hukum di negeri ini masih tebang pilih. Ibarat membela bambu, yang kecil diinjak, yang besar diangkat-angkat. Hukum berlaku bagi orang miskin dan tidak berduit. Meskipun pada kasus-kasus tertentu ada juga kelas kakap yang sudah terjerat. Kalau dibandingkan dengan yang dulu-dulu, sekarang agak lumayanlah. masyarakat sudah memiliki keberanian menegakkan kepala terhadap tatanan yang tidak sesuai dengan seharusnya. Protes, mnggugat, mem-PTUN-kan adalah fenomena yang sudah sangat lumrah.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar