Gallery

Rabu, 23 Maret 2016

Good to Great

Jims Collin meneliti 1.435 perusahaan selama 40 tahun. Terdapat 11 perusahaan yang tadinya biasa- biasa saja menjadi luar biasa. Why? Rahasia perusahaan tersebut dapat dijelaskan bahwa mereka memiliki habit sebagai berikut:
1. Berani tampil beda. Be a difference. Jadilah seperti Sherlock Holmes. Petualang dan detektif. Ia tak terduga seperti kisah "kematiannya" yang " pura-pura mati". Ia lama menghilang, dan menempati rumah kosong. Ia juga tergolong orang yang serius. Sulit makan kalau lagi tegang menangani dan mengungkap misteri sebuah kasus. Tak satu roti pun yang bisa ditelannya kalah lagi tegang, ungkap dr Watson, sahabatnya. Holmes juga hidup acak- acakan dan terlesan amburadul. Kamarnya disesaki tumpukan kertas yang seakan- akan tak selembar kertaspun yang hendak dibuangnya. Tumpukan kertas yang menggunung dalam kamarnya adalah sumber inspirasinya. Orangnya juga unik, cerutu persianya disimpannya diujung sandalnya yang melengkung ke atas. Ia tiper kuper, kurang pergaulan. Ia lebih sering menyendiri di kamar. Merenung. Tetapi ia detektif ulung yang tak terduga. Ia sangat piawai dalam mengungkap sebuah kasus yang sangat pelik sekali pun. Wal hasil, untuk sukses,  berilah sumbangan pemikiran di tengah pakar.
2. Berani mencoba. Kita harus terus mempelajari hal- hal yang baru. Search of inquiry harus melekat pada kita. Rasa ingin tahu dan penasaran harus terus menggelayut dalam pikiran kita. Curiosity harus dipelihara. Jangan pernah berhenti berimajinasi. Imajinasi jauh lebih penting daripada pengetahuan, kata Albert Einstein.
3. Biasakan mencatat ide- ide segar dan baru dalam smartphone, atau lipatan kertas dalam dompet.
4. Jangan takut bangkit. Kantor atau tempat kerja adalah arena bermain gagasan baru. Kantor adalah pipa penyakur gagasan segar. Dampaknya, customer akan selalu ingin kembali.
5. Be a story teller. Pandai- pandailah mendongeng. Jadilah si tukang cerita. Lewat cerita sesungguhnya kita sedang " menjual" diri dan kompetensi kita. Medronic, perusahaan obat- obatan meminta testimoni kepada para pasien yang sembuh. Ini adalah iklan yang sangat efektif untuk memengaruhi pelanggan.

Tidak ada komentar: