Gallery

Senin, 29 Juni 2015

Ibadah Puasa

Puasa dalam bahasa Arab dikenal dengan kata shaum atau shiyam. Shaum biasa dimaknai sebagai puasa. Al shiyam memiliki makna lebih dalam daripada shaum. Imam al Raghib al Ashfahany dalam kitab Mufradat Alfaz al Quran menyebut al shaum huwa al imsak 'an al fi'l math'aman kana aw kalaman aw masyyan. Shaum adalah menahan diri dari makan-minum, berbicara dan berjalan. Di kalangan ulama sufi, al shiyam dimaknai sebagai puasa yakni tidak makan minum, berhubungan suami isteri pada siang hari, pikiran, mata, hati, telinga harus juga berpuasa. Itulah sebabnya, sehingga al Quran menyeru orang-orang beriman untuk melaksanakan ibadah puasa. Ya ayyuha allazina amanu kutiba 'alaikum al shiyam, kama kutiba 'ala llazina min qablikum la'allakum tattaqun. Jadi, ibadah puasa yang dilaksanakan pada bulan suci ramadhan tidak sekedar menahan lapar dan dahaga pada siang hari. Tetapi lebih dari itu, puasa harus juha mencakup memelihara lisan, mata, telinga, hati dan pikiran dari hal-hal negatif.
Saya teringa cerita seorang kawan. Bahwa ayahnya seorang Kyai yang wara'. Begitu wara'nya-- memelihara diri dari dosa-- sehingga setiap menghadiri suatu kenduri atau selamatan, beliau selalu membawa bekal sendiri. Bahkan beliau selalu memakai sorban yang dibiarkannya menjuntai ke bawah. Sesungguhnya beliau menutup telinganya dengan kapas. Beliau tidak mau mendengarkan kata-kata yang kurang bermanfaat. Apalagi perbincangan yang menjurus ke ghibah--perbincangan yang menceritakan keburukan orang lain--.
Ada lagi kisah yang lain. Konon, ayah Said Nursi juga sangat zuhud. Ketika beliau menggiring kambingnya dan melewati kebun atau tanaman orang lain, maka kambing-kambing beliau ditutup mulutnya agar tidak memakan tanaman orang lain. Setelah itu, kambingnya diambil susunya untuk minum Said Nursi kecil. Betapa beliau sangat memelihara makan dan minum keluarganya. Beliau sangat wara'. Hasilnya, puteranya, Said Nursi memiliki kecerdasan yang luar biasa, hidup zuhud, dan menjadi seorang mujahid. Said Nursi juga melahirkan karya-karya akademik yang luar biasa menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia. Al Lama'at, thalath risalat, untuk menyebut beberapa karya beliau. Betapa besar keberkahan hidup orang-orang yang hidup bersih.

Tidak ada komentar: