Gallery

Selasa, 15 Desember 2015

Humor Soeharto

Suatu waktu Ronald Reagen dalam kunjungannya ke Jakarta, Indonesia melihat pemandnagan di sepanjang kali. Ada banyak orang yang jongkok, barngkali buang hajat. Reagen bertanya kepada Soeharto. Orang itu sedang apa? Pak Harto sambil senyum tersipu- sipu malu menjawab, ya biasa itu bangsa saya yang miskin.
Reagen dengan bangga berkata: kalau di negara saya orang seperti akan ditembak. Pak Soeharto malu bukan kepalang. Mukanya merah menahan malu.
Pada kesempatan berikutnya, Pak Harto ke Amerika untuk kunjungan balasan. Pak Harot juga melihat pemandangan yang di sepanjang jalan ada sejumlah orang yang berjejer di pinggir sungai. Sungainya bersih. Airnya mengalir. Orang antre dan tertib. Tetapi, pak Harto tiba- tiba melihat seseorang yang iuga jongkok di pinggir kali mirip- mirip pemandangan sungai- sungai di Jakarta. Reagen secepat kilat memerintahkan pengawalnya untuk memeriksanya. Ads apa di sana. Mengapa ada orang yang jongkok di pinggir sungai. Tidak lama kemudian, sang ajudan melaporkan bahwa orang jongkok tersebut adalah orang buang hajat dari Indonesia. Pak Harto, malu lagi. Bangsa kita belum beradab! Mestinya kita harus membangun karakter bangsa yang kuat agar bisa bermartabat.

Tidak ada komentar: