Gallery

Rabu, 16 Desember 2015

Humor Professor

Seorang professor berkebangsaan  Inggeris mengajar di Amerika.  Sewaktu masuk kelas, dan dalam perjalanan, sang professor kehujanan, ia berucap: hujan lebat. Maka seketika itu kelas gaduh. Dan para mahsiswa bertanya, apa gerangan hujan lebat. Apa itu hujan lebat. Mereka berdiskusi. Pertanyaan kritis pun bermunculan.
Pada kesempatan berikutnya, sang professor pindah mengajar ke Jepang. Beliau juga suatu waktu mengalami hujan lebat. Hujan lebat, ucap sang professor. Seketika itu para mahasiswa langsung bertanya, ada apa dengan hujan lebat itu? Apa penyebabnya. Apa kanfaat yang ditimbulkannya. Demikian sejumlah pertanyaan kritis berseliweran dalam kelas tersebut.
Selanjutnya, sang professor mengajar pada sperguruan tinggi ternama di Jakarta. Hujan lebat, demikian ucap sang professor memulai kuliah perdananya. Dan ternyata para mahasiswa labgsung mencatatnya. Sang professor penasaran. Danz melihat catatan para mahasiswanya. Apa yang kalian tulis? Hujan lebat, jawab mahasiswa. Demikianlah perbandingan mahasiswa Amerika, Jepang dan Indonesia. Professor yang sama, peristiwa yang sama. Tetapi respon mahasiswa yang berbeda. Kelihatan mahasiswa Amerika dan Jepang lebih kritis. Mahasiswa Indonesia mengikuti pandangan professor tanpa nalar kritis.

Tidak ada komentar: