Gallery

Jumat, 03 Juli 2015

Peresmian pasca

Saya mengikuti sambutan Prof Nur Syam, M.si dalam upacara peresmian pendirian program pasca sarjana STAIN Bangka Belitung. Intisari pidato beliau, saya sarikan sebagai berikut:
Siapa pun yang berhenti di jalan ini akan terlindas, kata filosof Muhammad Iqbal. Di era kompetisi global ini kita harus bekerja keras. Karena kompetitor lainnya di luar sana juga melakukan percepatan dan lompatan-lompatan.
Singapura menduduki peringkat kedua dunia dalal hal kompetisi.
Mengapa makin banyak mahasiswa masuk di perguruan tinggi? Karena academic superviser. Jadi aspek kehadiran yang paling utama. Dan bukan karena faktor biaya. Sedang living cost, biaya SPP, hanyalah variabel kesekian.
Guru dan dosen adalah kunci keberhasilan pendidikan. Kalau mau melihat pendidikan kita berhasil, maka tingkatkanlah kualitas dosen. Kalau semakin banyak dosen dan guru besar yang banyak hadir, maka itu ciri ciri bahwa perguruan tinggi itu akan sangat maju. Kalau di STAIN Babel ini, ada sekitar 50 orang doktor yang duduk dan berdiskusi untuk memikirkan mengenai religiusitas masyarakat kita. Maka mereka sesungguhnya telah memberi kontribusi riil bagi provinsi Bangka Belitung. Jangan sampai yang terjadi sebaliknya, setelah doktor m seseorang dosen. Justeru banyak gentayangan keluar kampus untuk mencari proyek.
Dosen adalah ikon kampus. Bukan gedung yang mewah.
Ditjen Pendidikan Islam, Kemenag RI memberi kesempatan seluas-luasnya kepada dosen untuk leanjutkan studi doktor dalam program lima ribu doktor.
Adapun variebel yang kedua adalah reputasi universitas, university reputation. Faktor pekerjaan bukanlah variabel seseornag masuk ke perguruan tinggi. Akreditasi prodi dan reputasi nasional ataupun internasional menjadi sangat penting. Apakah website kita memperoleh pengakuan internasional dari webomatriks yang berkedudukan di Spanyol. Jangan pernah merasa kita di daerah. Business as usual, jangan dipakai. Tidak ada kata tidak bisa. Kalau semua dosen dan civitas akademika coming together. Mari merasa datang bersama- sama. Semua memiliki niat yang sama. Kita bisa sharing together. Visi dan misi kita selanjutnya kita bisa working together. Ada yang berfungsi sebagai otak. Ada yang berfungsi sebagai jantung. Dst. Kalau ini terjadi, maka akan melakukan hal yang luar biasa. Dan buahnya adalah success together. Prestasi individu individu menjadi besar. Kalau kita bersama sama, insya Allah kita akanmelakukan sesuatu yang lebih besar.
Variabel ketiga adalah kualitas perguruan tinggi. Hal ini bisa dilihat dari dosen dan staf akademiknya.
Program pasca sarjana juga merupakan ikon sebuah perguruan tinggi. Tolong jaga kualitasnya. Jangan obral ijazah strata dua. Harus ada seleksi yang sangat ketat. Sehingga alumninya kelak memiliki reputasi akademik yang tinggi.mereka yang diterima haruslah benar benar telah mengikuti proses penyaringan yang luar biasa. Sehingga para mahasiswa yang diterima adalah berul betul telah lulus seleksi.jangan diobral. Apalgi sekarang ini s

Tidak ada komentar: