Gallery

Jumat, 21 Agustus 2020

Life Free or Die

Life Free or Die adalah judul film dokumenter National Geographic. Film dokumenter ini memotret kehidupan liar Colbert, Thorn, Derik, Tony dan Amelia. Mereka ini memilih menempuh hidup yang sangat ekstrim dan liar. Colbert memiliki tantangannya dengan mencari kayu dari reruntuhan rumahnya yang hancur dihajar banjir. Ia membangun rumah di atas rawa yang menantang. Derik bergelut dengan pemenuhan kebutuhan air bersih di pegunungan Rocky. Thorn hidup sendirian di tengah hutan tempat beruang berkeliaran. Ia membuat rumah yang aman binatang liar. Dan bahkan menyimpan makanan yang aman dari serangan beruang. Tony dan Amelia bergulat dengan mulsa agar kediamannya aman dari longsor. Mulsa adalah tanaman budidaya untuk menjaga kelembaban tanah. Dan membuat tanaman tersebut tumbuh dengan baik. Contohnya alang-alang, jerami atau cacahan batang dan daun dari tanaman jenis rumputan lainnya. Ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari perjalanan hidup mereka. Hidup itu sesungguhnya bisa dijalani dengan cara yang sangat sederhana. Jauh dari hiruk-pikuk kehidupan modern. Mereka menempuh hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Sesungguhnya mereka menentang konsumerisme kehidupan modern yang telah merusak dan mengeksploitasi alam. Beberapa pernyataan Colbert dan Derik dari National Geographic yang dapat menjadi pelajaran bagi kita, sebagai berikut: 1. Dia menua, dia mengandalkan kecerdikan daripada kekuatan, Colbert. 2. Aku membangun rumah pribadiku, laksana surga. Aku bekerja sendirian, memang lebih lambat tetapi lebih bahagia ketika selesai mengerjakannya, Colbert. 3. Kami hidup di masa depan. Kami harus beradaptasi dengan kehidupan modern yang kami alami, Derik. 4. Kita selalu berasumsi bahwa kita ini tidak tua. Padahal, setiap kali kita bangun dari tidur, kita sudah satu hari lebih tua, Golbert. Tony dan Amelia juga menikmati kehidupannya di pegununngan Rocky. Dan mereka berucap:....Ini pekerjaan yang bisa kulakukan dalam sehari. Bagiku, hal terpenting untuk sukses dengan gaya hidup ini adalah kau menyadari bahwa kau menginginkannya. Kau harus berani menghadapi kegagalan. Jika aku gagal, aku merasa percaya diri untuk bangkit....dan aku mencoba kembali melalui banyak percobaan Sampai aku menemukan cara. ( Tony). Dan Amelia melanjutkan percakapan....Kehidupan mandiri yang kami bangun untuk diri kami memberi banyak kebebasan. Sangat memberdayakan saat kami sanggup menyediakan segala kebutuhan kami demi keberlanjutan (sustainability). Perasaan yang menyenangkan. Aku merasa kuat. Di Penghujung film dokumenter National Geographic itu, Colbert setelah menyelesaikan pembangunan rumahnya yang juga terpaksa meminta bantuan dari dua sahabat lamanya, dia berucap:.....Perjalanan ini panjang dan berat..Masih ada banyak pekerjaan yang belum selesai. Tetapi aku telah memiliki sebuah rumah utuh dan tempat yang aman. Aku merasa kaya, karena punya tempat tinggal. Aku punya rumah. Ada kepuasan tertentu dari hidup bebas. Tak ada kata-kata yang bisa menggambarkan rasa puas. Saat kau bisa memenuhi kebutuhanmu sendiri. Bagiku, itu adalah intisari hidup.